Mengenal Jenis Kincir Air

Pemanfaatan air di Indonesia sudah menjadi bagian utama dari sumber kehidupan dan industri. Pemakaian sebagai pembangkit listrik sehingga pemenuhan dan ketersediaan untuk industri juga bagian dari pemanfaatan air dalam skala besar.

POTENSI AIR SEBAGAI SUMBER ENERGI

Indonesai terdiri dari pulau pulau dan sebagian besar adalah wilayah laut dengan sumber air yng sangat melimpah. Sehingga postensi air sebagai sumber energi utama untuk menghasilkan listrik sudah memberikan banyak manfaat bagi warga indonesia.

Sungai dan danau air tawar yang cukup bamyal adalah modal sumber energi yang bisa dikembangkan dengan maksimal untuk menghasilkan listrik. Perbaikan dan pemeliharaan ekosistem juga menjadi tugas yang sangat penting dalam perjalanan kedepan yang pastinya dengan espolotasi ini akan menimbulkan beebrapa efek.

Energi air pada prinsipnya adalaha pemanfaatan petansial gravisatasi untuk menggerakkan kincir air atau turbin. Pemanfaatan turbind digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik sedangkan kincir untuk pemanfaatn energi mekanik secara langsung. Ketika aliran air cukup maka kincir akan bergerak sehingga akan memutar generator untuk menghasilkan listrik.

Dalam prakteknya ada pembangkit listrik mikrohidro yang memiliki skala 100 kw. Sehingga banyak pedesaan di Indonesia yang dekat dengan alirasn sungai yang cukup bisa mengunakan teknologi ini untuk bisa tetap menggunakanlistrik lebih hemat dan bisa untuk desa2 terpencil sekalipun.

Demikian beberapa kilasan tentang kincir air dan turbin. semoga bisa memberikan gambaran dan manfaat untuk kita semua guna menjadi pusataka perkebangan neaga Indonesia kedepan. Karena kekayaan alam yang kita miliki dan adat ketimuran yang sangat sopan dalam perangai sehari hari bisa menjadi pelaung besar untuk tunbuhnya negara yang sangat kita cintai ini Indonesia.